Daftar Blog Saya

Sabtu, 22 Desember 2012

Sekilas tentang Radio Monaria dan Graha FM

Radio Mona Ria FM Pekanbaru yang  berdiri sejak tahun 1987 lalu kini telah memasuki usia yang ke-25, usia yang sudah tidak muda lagi. Radio Mona Ria berhasil melewati berbagai masa-masa sulit maupun transisi seperti halnya yang dialami oleh Radio lain di  Pekanbaru dan Riau umumnya.
Radio Mona Ria FM hadir menemani aktifitas audience sejak pukul 05.00 subuh sampai menghantar istrahat pukul 24.00 wib dengan berbagai alunan music pop, kreatif, slow, oldiest  Indonesia maupun manca Negara dengan diramu berbagai program interaktif  maupun Talk Show yang sudah barang tentu melibatkan audiens membahas berbagai topic dan permasalahan.
Radio Mona Ria yang berada di frekwensi 101,8 FM memilih segmen Keluarga usia 15 sampai 50 tahun mulai dari usia SMU sampai dewasa , dengan porsentase 60 porsen perempuan dan 40 porsen laki-laki. Salah satu program andalan radio Mona Ria FM ialah Mona ria Request setiap hari jam 15.00-17.00 wib, dimana setiap audiens bisa memilih dan meminta lagu yang akan diputar penyair selanjutnya dikirim dan menyapa saudara dan temannya.
Program unggulan lain, adalah Jelita Mona Ria setiap hari mulai pukul 09.00-11.00 wib membahas masalah seputar perempuan, mulai dari karir, suami, seks dan rumah tangga. Dalam program ini audiens bisa berbagi pengalaman dan tips  dengan sesama audiens.
Untuk memberikan informasi teraktual bagi masyarakat Pekanbaru, Radio Mona Ria bekerjasama dengan radio VOICE OF AMERIKA ( VOA) berupa penyiaran berita seputar Indonesia dan dunia, termasuk hiburan music dan informasi Mandarin. Disisi lain Radio Mona Ria juga bekerjasama dengan Televisi Lokal yaitu RTV menyiarkan berita RTV.
Radio Mona Ria  yang memiliki  pendengar kurang lebih 250.000 orang, sudah melakukan berbagai kegiatan OFF AIR seperti Kejuaraan Senam Aerobic Piala Gubernur Riau, Kejuaraan SKJ, Tari Kreasi dan berbagai kegiatan off air lainnya… ( Frikles.)
RADIO GRAHA FM SETIA MENEMANI KAULA MUDA
Ditengah sepinya dunia hiburan pada tahun 1995 lalu, Radio Graha FM hadir untuk memberikan hiburan segar bagi masyarakat Pekanbaru terutama kalangan kawula muda. Radio yang memiliki segmen pendengar kawula muda ini hadir dengan program khusus anak muda, baik dari segi music, materi  siaran maupun tehnik siaran penyiar.
Pada tahun 1996 Radio Graha FM sengaja menyajikan program masyarakat luas dengan music Batak, Minang, Dangduth, Melayu dan Jawa. Harus diakui pada masa itu Audiens Radio Graha memiliki puluhan ribu pendengar bukan saja di kota Pekanbaru, tetapi masyarakat pinggiran seperti Perawang, Minas, Kota Garo, Kampar, Kuansing , Pelalawan terutama yang berada di Perkebunan.
Tidak heran pada masa itu, pesawat telepon Radio Graha FM tidak henti-hentinya bordering ingin menyapa penyiar idolanya. Tetapi ada satu hal yang mungkin sedikit aneh… para pemasang iklan agak enggan menggunakan Radio Graha sebagai sarana promosi dengan alas an Radio brsifat etnis dan kedaerahan. Akibatnya pemasang iklan sangat terbatas yang sudah barang tentu berimbas kepada pendapatan Radio.
Sampai saat ini Radio Graha FM masih tetap eksis terutama di kalangan kawula muda yang kreatif. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya audiens yang mengikuti program interaktif baik permintaan lagu maupun memberikan saran dan tips dalam program interaktif.
Radio Graha FM yang berada di frekwensi 96,7 FM berdasarkan hasil survie LSI tahun 2003 berada di peringkat pertama terbanyak jumlah pendengarnya. Namun belakangan ini LSI tidak pernah lagi membuat survey sehingga tidak diketahui radio Graha berada di posisi ke berapa. Radio Graha FM yang tergabung dalam Radio Kardopa Group  bersama Radio Mona Ria di Pekanbaru, Radio Kardopa dan Visi FM di Medan, Suara Tebing Tinggi di Tebing Tinggi, Radio Kharisma di Balige dan radio Suara Jupti Indah di Sibolga.
(Frikles. N)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar